SEMUAH TENTANG APA YANG KULIHAT, KUPIKIRKAN, DAN KUTUANGKAN DALAM BENTUK TULISAN "SELAMAT MEMBACA SEMOGA BERMANFAAT"

Monday, January 7

ANTARA 3 G DAN WIMAX

Sebenarnya, apa yang digembar-gemborkan dengan layanan generasi ketiga (3G) merupakan layanan komunikasi data berkecepatan tinggi, yang berarti juga memungkinkan tersedianya layanan multimedia, seperti video streaming, Internet TV , browsing , musik MP3, dan konten digital lainnya, yang dapat diakses secara nirkabel ( broadband wireless ) dan bergerak.

Dengan begitu, untuk akses nirkabel kapasitas besar ini, saat ini pilihannya tak hanya bertumpu pada 3G, melainkan ada Wi-Fi (Wireless Fidelity), WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan juga HSDPA (High Speed Downlink Packet Access), yang mampu mentransmisikan data hingga 384 Kbps (UMTS) dan menjanjikan kecepatan hingga 3 Mbps di ponsel. Wi-Fi, meski berkapasitas besar, namun area cakupannya sangat kecil, sehingga banyak digunakan untuk area lokal (LAN).

Di sisi lain, ada WiMAX (802.16), yang berbasis teknologi komunikasi data nirkabel, yang bukan berbasis teknologi seluler. WiMax, merupakan teknologi jaringan nirkabel untuk area metropolitan, yang secara teoritik mampu mentransmisikan data hingga 75Mbps pada jarak sekitar 30 mil (50 km) dan bekerja pada frekuensi 2.4, 3.5 dan 5.8GHz.

” Roadmap yang telah disepakati di WiMAX forum, bahwa WiMAX akan bermain di frekuensinya dari 2 GHz sampai 11 GHz. Namun, para pabrikan sudah sepakat bahwa mereka akan mengeluarkan di 3,5 GHz dulu, kemudian baru di 5,8 GHz, selanjutnya 2,5 Ghz,”.

Dengan karakteristik teknologi masing-masing, persaingan ketat kini terjadi antara 3G dan WiMAX. Ke depan, pertarungan di antara keduanya akan semakin seru, karena kalau dilihat kedua teknologi tersebut saling berhadap-hadapan, yakni sama-sama mampu menyediakan layanan komunikasi data kapasitas besar secara nirkabel.

No comments:

Post a Comment